Wednesday, May 22, 2013

Cara Mudah Merawat Laptop dengan Baik

Cara merawat laptop bagi masyarakat masih dianggap sebagai hal yang sulit untuk dilakukan. Padahal hal itu merupakan hal yang tidak sulit untuk dilakukan asal kita mempunyai niat.Bagi yang tidak mempunyai niat dalam merawat laptop, anggaplah laptop anda adalah orang yang paling anda sayangi, maka perlahan- lahan anda akan mempunyai niat untuk merawat laptop anda. Merawat laptop sangat butuh perhatian dan sedikit kesabaran. Merawat laptop dengan baik sangat banyak manfaatnya. Selain laptop tidak mudah rusak, laptop tersebut akan terlihat bersih dan tidak akan beralih ke tukang servis laptop karena laptop merupakan barang elektronik yang sangat sensitif dan sangat mahal harganya. Nah untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan, silahkan anda simak baik- baik tips merawat laptop dengan baik :

  • Yang pertama jangan mendownload software yang tidak anda mengerti. Sebaiknya jika kamu tidak mengerti yang kamu download itu program apa sebaiknya anda jangan mendownload sembarangan. Jika program itu tersimpan di komputer anda dan ternyata itu virus akan sangat membahayakan sistem dari laptop anda
  • Jangan menginstal program yang melebihi spec laptop anda. Jika anda misalnya mempunyai laptop dengan spec rendah, sebaiknya hindari menginstal program yang melebihi kapasitas RAM atau VGA card, serta prosesor kamu. Karena hal itu dapat merusak laptop anda karena laptop anda dapat mengalami kelebihan kapasitas.
  • Jangan meletakkan laptop di kasur saat menyala. Walaupun hal ini kelihatan sepele, tetapi meletakkan laptop yang menyala di kasur sangat berbahaya karena ketika laptop panas, hardisk atau komponen lainnya bisa rusak karena dalam keadaan suhu tinggi.
  • Jaga kebersihan laptop anda. Sebagai pemilik laptop yang baik kita harus senantiasa rajin membersihkan laptop kita dari debu. Karena jika debu masuk ke komponen laptop akan sangat membahayakan perangkat laptop tersebut. Bersihkan laptop dengan kain bersih dan dengan cairan khusus pembersih layar. Biasanya sudah bawaan dari toko laptopnya.
  • Jaga baterai laptop anda agar awet. Caranya adalah jangan menggunakan laptop anda dalam keadaan di charge. Atau jika anda ingin menggunakan laptop dalam waktu lama silahkan anda cabut baterai laptop dari tempatnya dan hubungkan charger laptop dengan stopkontak, atau anda dapat menggunakan cara kedua yaitu charge baterai laptop sampai penuh dalam keadaan mati.Lalu setelah penuh seratus persen, silahkan nyalakan kembali laptop anda dan cabut charger anda.
  • Jangan menaruh benda keras atau berat di atas laptop. Jika anda tidak sengaja melakukannya, maka itu dapat merusak layar monitor anda karena kelebihan berat.
  • Jika laptop anda bermasalah bawalah ke servis laptop resmi. Jika laptop anda mengalami masalah jangan mencoba- coba membetulkan sendiri jika anda tidak paham tentang pengetahuan kompone laptop. Karena hal itu bisa berakibat kerusakan yang fatal pada laptop anda.
  • Taruh kipas laptop di bawah laptop anda. Jika laptop anda selalu anda gunakan dengan waktu yang lama, sebaiknya anda belikan kipas khusus laptop agar laptop anda tidak mengalami overheating.
 Itulah beberapa tips sederhana dari saya unutuk merawat laptop anda. Saya harap laptop anda selalu baik-  baik saja. Terimakasih telah mengunjungi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment